Pembelajaran Menggunakan Kalkulator Excel Materi Refleksi Kelas IX
Oleh : Pak Fadli
Bagian I
Pada awal video praktik baik ini, berisi identitas dan latar belakang pembuatan video praktik baik. Secara garis besar pada bagian ini menjelaskan mengapa video praktik ini dibuat. Selain untuk kepentingan event Jambore GTK 2024, penulis ingin memberikan informasi bahwa meskipun lokasi sekolah memiliki beberapa keterbatasan akses, itu tidak menjadi penghalang untuk mengembangkan kreatifitas dalam melakukan pengajaran. Untuk membuat anak berlitertasi digital juga tidak memerlukan internet. Dan meskipun HP siswa tidak secanggih HP siswa perkotaan pembelajaran ini dapat berjalan dengan lancar. Penulis juga memberikan gambaran bahwa penggnaan HP ini mungkin sudah biasa dilakukan di daerah kota tetapi disekolah penulis ini menjadi hal yang luar biasa mengingat egala keterbatasan sehigga siswa nantinya pasti termotivasi. Dalam bagian awal video praktek baik ini, penulis juga menampilkan sekilas kondisi sekolah yang sangat asri. Dengan diberikan tone gambar sedemikian hingga, membuat suasana hati yang melihat video ini terasa tenang, nyaman, dan damai.
Bagian II
Pada bagian ini penulis menampilkan video yang berisi kegiatan awal pebelajaran. Karena keterbatasan durasi, sebenarnya penulis ingin menampilkan segala sesuatu terkait kegiatan awal pembelajaran. Karena pada bagian kegiatan awal ini sangat penting untuk memotivasi siswa untuk mengikuti tahapan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Pada kegiatan awal ini penulis membuakanya dengan salam dan diikuti oleh doa. Setelah itu penulis menanyakan kondisi siswa. Dan Alhamdulillah semua siswa dalam kegiatan baik dan suasana hati mereka juga dalam kondisi baik pula. Hal kecil seperti ini juga bisa dikatakan sebagai proses diagnosis guru kepada siswa. Hal ini juga diperlukan untuk mengetahui kesiapan . Setelahnya penulis memperkenalkan materinya dan setelahnya guru melakukan Tanya jawab ke siswa apakah mereka pernah bercermin. Secara tidak langsung penulis telah membawa materi ke dalam konteks dunia nyata. Setelah itu penulis memberikan contoh lainnya terkait pencerminan yakni pemandangan alam yang terlihat pada sebuah danau atau sungai. Pada bagian berikutnya penulis juga memberikan sebuah pertanyaan pemantik yang dahsyat terkait pencerminan dalam dunia nyata. Hal ini nantinya akan menggugah rasa keingin tahuan siswa terkait materi dalam pembelajaran. Pertanyaan itu adalah “ pernah kamu melihat fenomena alam matahari lebih dari satu?” hal ini penting untuk dilontarkan penulis karena fenomena yang dinamakan Sun Dog ini merupakan fenomena pencerminan matahari karena perbedaan densitas atau kerapatan atmosfer mengakibatkan difraksi cahaya matahari yang meggunakan partikel udara atau Kristal es di langit sebagai cerminnya. Fenomena ini kemudian ditampilkan oleh penulis melalui video dari laman youtube yang dihimpun oleh Viva terkait fenomena ini yang terjadi di Sumatera Barat dibulan Februari 2024. Melalui proses ini siswa diajak untuk berliterasi sehingga pengetahuan siswa akan bertambah. Setelahnya penulis menjelaskan gambaran materi pencerminan dengan Geogebra. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran awal terkait materi. Setelahnya penulis memberikan instruksi kepada siswa untuk membentuk kelompok secara heterogen.
Bagian III
Diskusi Kelompok Pada bagian ini siswa akan diberikan aplikasi Excel yang dibuat oleh penulis. Nantinya siswa dapat mencoba dengan menginput berbagai macam titik koordinat yang nantinya akan dicerminkan melalui berbagai macam pencerminan titik (sumbu x, sumbu y, titik pusat, garis y=x, y= -x, x=h, dan y=h). Ini juga merupakan pembelajaran berdiferensiasi konten. Siswa berkemampuan bawah akan mudah memahami 3 pencerminan di awal, siswa berkemampuan menengah pada bagian pencerminan 2 berikutya dan siswa berkemampuan di atasnya pada bagian pencerimanan 2 terakhir. Dengan menginput titik koordinat yang berbeda beda, maka siswa dapat dengan mudah mengamati bayangan hasil pencerminan titik dengan berbagai macam jenis pencerminannya. Nantinya siswa dapat menemukan konsep pencerminannya dengan mudah. Bagi yang tidak punya HP bias bergabung dengan temain lainnya. Bagi HP yang “lemot” penulis mengunistal aplikasi lain di hp siswa, untuk siswa inklusi penulis memberikan perhatian khusus agar mereka bisa mengikuti pembelajaran. Nantinya penulis memenejemen waktu denga baik agar semua proses berjalan dengan efisien dan efisien. Berikut tampilan excel aplikasi pencerminan di HP siswa.
Link short video diskusi kelompok:
https://youtube.com/shorts/vHPLpozDXlU?si=07YjQB5fgxwpuygA
Bagian IV
Perwakilan kelompok menuliskan hasilnya didepan kelas dan ada juga dengan cara menyebutkan melalui tempat duduknya . Setelah bersama penulis membuat kesimpulan maka penulis memberikan assessment dengan menggunakan Educaplay. Hal ini juga bagian dari pembelajaran berdifrensiasi produk. Dan yang membuat penulis bangga adalah ada salah satu anak yang kesehariannya masuk kategori bahwa dengan berani maju mepresentasikan hasilnya dengan benar dan dengan bahasa dan caranya sendiri. Link short presentasi kelompok:
https://youtube.com/shorts/vXsu13Aer1E?si=pI8pBZeNI15Vbnx5
Bagian V
Pada bagian penulis meminta perwakilan siswa bernama Feri untuk menyampaikan komentarnya sebagai bagian dari refleksi pembelajaran. Hasilnya adalah dia sangat senang sekali, merasa nyaman dan bahagia karena dia mampu mnemukan konsep secara mandiri. Asik kerena pembelajaran kali ini banyak menggunakan media pembelajaran yang beragam.
Bagian VI
Hanya berisi ucapan terima kasih dari penulis dan semoga video ini bisa memberikan inspirasi bagi semua pihak terkait.
Dampak, Hasil, Respon
Seluruh siswa sangat aktif dan bersemangat mengikuti semua insruksi dari guru. Hasilnya pun sangat efektif karena guru tidak perlu menjelaskan dan siswa dapat emenemukan secara mandiri dengan berkelompok. Respon peserta didik positif dan kepala sekolah pun yang mendampigi sangat bangga terkait kondisi tsb. Faktor keberhasilan antara lain perencanaan, semua media pembelajaran, gaya mengajar dan menejemen kelas dan waktu serta fasiltas yang dipakai. Faktor ketidakberhasilan salah satunya pengambilan video yang belum maksimal (pengambilan gambar belum dari berbagai arah) dan kurang fokus. Hal ini dikarenakan oleh terbaasnya sumber daya yang ada. Hasil pembelajaran dari keseluruhan proses antara lain tidak ada siswa yang bergantung ke temannya, jawaban siswa beragam dalam proses penggunaan Excel, lebi fokus terhadap proses pembelajaran dan media pembelajaran lebih beragam dan inovatif.
Josss👍👍🔥🔥💪💪
ReplyDelete